PERJALANAN: Sensasi Pantai Tiada Habis

edisi 20 Mei 2012

Banana Boat

Pantai Mutun, Lampung


PANTAI dan laut seolah tak ada bosannya dijadikan objek untuk rekreasi atau sekadar melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Meski telah sudah berkali-kali ke pantai, toh masih saja datang lagi dan lagi untuk liburan, baik bersama teman maupun keluarga.

Apalagi menjelang musim liburan kali ini, berekreasi di pantai atau laut menjadi pilihan. Selain tak terlalu mengeluarkan kocek terlalu besar, di sini juga kita bisa memacu adrenalin buat yang suka hal-hal menantang. Apa saja itu? Ya, aneka permainan di laut sudah banyak tersedia, mulai dari banana boat, kano, jet ski, hingga snorkeling (selam permukaan). Atau sekadar keliling pulau dengan menggunakan perahu sewaan.
Banyak pantai di Lampung yang bisa dijadikan referensi rekreasi, mulai dari pantai Pasir Putih, Pulau Pasir, Mutun, Ringgung, hingga Kelapa Rapat. Semuanya berada di kawasan Teluk Lampung yang terjangkau dari Bandar Lampung. Semua pantai itu umumnya menyediakan sarana rekreasi yang menggugah adrenalin kita.
Di Pantai Mutun, misalnya, selain menikmati pantai dengan pasir dan pemandangan yang masih alami, kita bisa menyeberang ke Pulau Tangkil dan Pulau Kubur—yang berhadapan pantai—cukup dengan menyewa perahu senilai Rp10 ribu/orang pulang-pergi. Biasanya kita bersamaan dengan penumpang lain yang hendak menyerang ke Pulau Tangkil.
Nah, buat yang suka memancing, tersedia perahu sewaan dengan tarif negosiasi. Biasanya untuk seharian. Pemilik perahu akan menunjukkan lokasi yang biasanya banyak berkumpul ikan. Jika kita tak punya peralatan pancing yang memadai, penyewa perahu biasanya menyediakan pancing kotrek dengan mata pancing kecil untuk ikan permukaan. Soal harga pun ramah di kantong, mulai dari Rp10 ribuan. Biasanya ini untuk rekreasi dengan keluarga.
Kalau mau bermain-main di air dengan sedikit menantang, banana boat, kano, dan jet ski bisa menjadi pilihan. Sewanya beragam, tapi rata-rata Rp25 ribu per orang untuk sekali permainan. Bagi yang tak bisa berenang tapi menginginkan sensasi adrenalin, tak perlu khawatir karena tersedia jaket pelampung sehingga tak bakal tenggelam.

Keindahan Bawah Laut
Nah, yang ingin menambah tantangan lagi, bisa melakukan snorkeling. Beberapa pulau di kawasan Teluk Lampung menyimpan keindahan bawah laut yang tak kalah dengan di lokasi-lokasi ternama seperti di Jawa, Bali dan Sulawesi.
Sebut saja di Pulau Tegal, Tanjung Putus, Kelagian, dan Lelangga, kita bisa melihat keindahan bawah laut yang menawan. Kejernihan air, aneka jenis ikan dan terumbu karang warna-warni bisa dinikmati dengan snorkeling.
Seperti yang dilakukan Liberti, salah satu pencinta alam yang gemar melakukan snorkeling. Baru-baru ini ia menikmati sensasi menyelam di perairan Pulau Kelagian.
“Cantik, karena kita bisa melihat ikan buntal, ikan pari, dan aneka terumbu karang,” kata Liberti.
Namun, ada beberapa lokasi yang terumbu karangnya rusak akibat pengeboman atau lainnya. “Sayang, harusnya aset alam ini dijaga dan dilestarikan untuk pariwisata. Lampung kan terkenal dengan wisata alamnya,” kata penyuka kegiatan di laut ini.
Bagi yang tak pandai snorkeling pun masih bisa menikmati keindahan bawah laut dengan menikmatinya dari atas perahu. Ya, di Tanjung Putus, ketenangan dan kejernihan airnya mampu menembus dasar laut. Aneka ikan hias, ubur-ubur, terumbu, hingga bulu babi, terlihat jelas sekali.
Sesekali malah penulis melihat ikan hiu anakkan seukuran paha orang dewasa berputar-putar di bawah. Wow! Meski tak menyelam, adrenalin langsung berpacu. Meskipun demikian, rasanya mata tak mau melepas gerakan ikan hiu berwarna abu-abu itu menari ke sana-kemari yang kemudian menghilang. Ya, sensasi pantai dan laut tak ada habisnya. (SRI AGUSTINA/M-1)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: